10 Hal Teratas yang Sering Disalahpahami Tentang Islam

10 Hal Teratas yang Sering Disalahpahami Tentang Islam- RMI NU, Media Pesantren
Islam -
Image's Project Wikipedia
About Islam
RMI NU, Media Pesantren,
Banyak sekali anggapan-anggapan orang tentang Islam yang sering tidak menggambarkan Islam secara benar. Di antara anggapan-anggapan itu, berikut 10 hal yang sering disalahpahami orang tentang Islam: 

1. "Umat Islam (Muslim) Penyembah Dewa Bulan)." Umat Islam percaya hanya ada satu Tuhan yang Maha Kuasa, yakni Allah Swt. Islam mengajarkan tauhid (monotheism). Allah ("Tuhan" dalam Bahasa Arab), merupakan penyebutan formal untuk Tuhan. 

2. "Umat Islam Tidak Percaya Pada Jesus (Nabi Isa As)." Umat Islam Percaya bahwa Allah mengirimkan para rasul dan nabi-Nya, termasuk Jesus (Nabi Isa As) untuk menyampaikan pesan-pesan-Nya.

3. "Islam Tidak Toleran Pada Pemeluk Agama Lain". Rasulullah Muhammad SAW, mengajarkan umat Islam melindungi umat agama yang lain, misalnya pada kalangan Yahudi dan Nasrani kala itu.

4. "Al-Qur'an ditulis oleh Rasulullah Muhammad SAW." Al-Qur'an merupakan teks suci bagi Islam, umat Islam percaya bahwa isinya dari Allah SWT.

5. "Ritual Ibadah umat Islam (Shalat) Merupakan Ritual Semata tak Sampai ke Batin" Umat Islam Shalat Wajib Lima Kali setiap harinya, di tambah shalat-shalat sunnah dan shalat lainnya, yang menunjukkan ketaatan mereka dan jalinan hubungan dengan Sang Pencipta.

6. "Umat Muslim terbanyak adalah Arab." Satu dari enam orang di dunia seorang Muslim, dan hanya 15 persennya saja merupakan Arab. 

7. "Islam Menindas Perempuan." Islam tidak membedakan perempuan, di mata Allah Swt, laki-laki dan perempuan sama. 

8. “Umat Islam identik dengan Kekerasan, Teroris Ekstrimis." Umat Islam tumbuh sebagai komunitas keagamaan dengan jumlah lebih dari satu milyar orang. Hanya sebagian kecil saja yang terlibat dalam kekerasan, yang tidak sejalan dengan ajaran-ajaran agama. 

9. “Islam mempromosikan jihad dengan pedang untuk menyebarkan Islam dan membunuh semua kaum kafir." Islam tidak menganjurkan konversi paksa, dicontohkan Rasulullah SAW saat penakhlukan Mekkah, mereka yang tidak melakukan perlawanan merupakan orang-orang bebas. Term Jihad (Perjuangan Suci) dengan pedang barangkali mewakili jiwa yang mengalami konflik batin di beberapa kalangan umat Islam.   

10. “Bulan Sabit merupakan Simbol Universal dari Umat Islam.” Simbol bulan sabit pertama kali di pakai untuk alasan yang non religius. Bulan sabit bukan simbol universal Islam. Hal ini disebabkan misalnya karena batas hukum agama yang sedemikian ketat dalam simbolisasi, bahkan seni tradisional Islam sampai saat ini mengharamkam gambar-gambar manusia dan binatang. 

(about.org) 

Comments

Popular posts from this blog

Pondok Pesantren Daarul Falah Ciloang, Serang, Banten

Aktualisasi Khittah 1926

A group of youths studying at Pesantren Al Muayyad yearn for established respect for all faiths in Indonesia